Kamis, 06 Oktober 2016

7 Manfaat Mengejutkan Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih - Hai sobat semua kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Sobat semua pasti tau kan apa itu bawang putih ? Bawang putih adalah nama tanaman genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Tanaman ini biasanya dijadikan bahan untuk bumbu masak. Sejauh ini mungkin sobat semua menganggap bahwa bawang putih cuma dimanfaatkan untuk bumbu masak saja. Eiitsss.!!. jangan salah bawang putih tidak hanya dimanfaatkan untuk bumbu masak saja lho, melainkan bawang putih memiliki berjuta manfaat terutama untuk kesehatan kita. Para ahli pun menyarankan untuk mengkonsumsi bawang putih 1-3 kali sehari. Di sini kita dapat menyimpulkan bahwa selain menjadi bahan masakan yang lezat, bawang putih juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Ketika digunakan untuk tujuan pengobatan, bawang ini dapat membantu kita untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut telah saya rangkum sedikit tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan.

1.Mengobati Kanker

Wooww, setidaknya itulah reaksi yang ditemukan oleh para peneliti ketika meneliti khasiat bawang putih untuk penyakit paling berbahaya kanker. Bawang putih layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.
Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.
Namun perlu anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

2.Untuk Kecantikan Kulit

Tak disangka-sangka selain untuk bumbu masak, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.
  • Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  • Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  • Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

3.Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi. Banyak yang jadi penyebab mengapa seseorang terkena sakit gigi. Beberapa faktor diantaranya adalah kerusakan yang terjadi pada gigi dan sekitar gigi, seperti iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, erosi gigi, dan gangguan lainnya pada rongga gigi. Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

 4. Obat Sakit Tenggorokan

Bawang putih dianggap sebagai ramuan untuk obat sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang ada pada bawang putih dapat membantu menyebuhkan batuk, sakit tenggorokan,  dan radang tenggorokan. Bawang putih dapat membantu anda menyingkirkan radang tenggorokan dan gejala menjengkelkan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.  Radang tenggorokan menyebabkan nyeri, tenggorokan gatal, sering disertai dengan demam. Anda mungkin memiliki bintik-bintik merah pada langit-langit mulut, dan amandel anda mungkin membengkak.  Jika kita memiliki masalah dengan tenggorokan, kita bisa mengunyah sepotong bawang putih atau mencampurkan kedalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian bawang putih dapat menghilangkan masalah yang ada pada tenggorokan kita.

5.Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Riset terkini mengenai bawang putih telah menunjukkan bahwa ia sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, aktivitas selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan 

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya yang terdapat pada bawang putih adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. sudah banyak riset yang membuktikan bahwa bawang putih secara efektif dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber= WebMD). Kandungan polifulsida yang ada pada bawang putih dapat terbuktik mampu mengendalikan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

7. Mengatasi Rambut Rontok

Sobat semua pasti tidak menyangka, ternyata bawang putih dapat mengatasi rambut rontok lohh.. Penyakit autonium dapat menimbulkan kebotakan pada rambut dan mengkonsumsi bawang putih dapat memperkuat pertumbuhan rambut dikepala. Telah banyak orang yang mengoleskan gel bawang putih sebagai bahan alternatif untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Demkianlah sedikit artikel tentang Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Sobat semua pasti mengira kalau bawang putih itu hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masak saja. Namun, sebenarnya bawang putih memiliki banyak sekali manfaat, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.