Selasa, 04 Oktober 2016

6 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

6 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

 

Hai sobat semua kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang Cara mengobati Sakit Gigi Secara Alami. Gangguan pada mulut salahsatunya adalah sakit gigi. Gigi merupakan salah satu organ penting untuk meghaluskan makanan yang kemudian dicerna oleh pencernaan. Banyak yang jadi penyebab mengapa seseorang terkena sakit gigi. Beberapa faktor diantaranya adalah kerusakan yang terjadi pada gigi dan sekitar gigi, seperti iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, erosi gigi, dan gangguan lainnya pada rongga gigi.Sakit gigi bisa menimpa berbagai usia, dari mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Sakit gigi tentu saja akan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Jika sakit gigi menimpa seseorang akan sangat menyiksa seperti tidak bisa tidur, tidak enak minum. Mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak enak. Namun tentu saja makan harus tetap menjadi aktivitas wajib yang tak boleh terlewatkan meskipun sedang sakit gigi dikarenakan tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Apabila dibiarkan dalam kondisi tertentu sakit gigi bisa menyebabkan gusi bengkak. Masalah sakit gigi yang menimpa seseorang biasanya dikarenakan gigi berlubang. Meskipun demikian, kerusakan gigi tentu saja bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat untuk merawat gigi, yaitu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mengurangi makanan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi, dan menggunakan produk yang bisa mencegah dari kerusakan gigi. Dibawah ini merupakan cara ampuh mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Baik anak-anak ataupun dewasa dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami tradisional.

1.Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak. 
Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih :
Bahan: Bawang putih (1 butir).
Cara pengobatan 1: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

2.Minyak Cengkeh

Cengkeh ini memiliki kandungan seperti anti inflamasi, anti bakteri serta antioksidan. Ia juga memiliki sifat sebagai anestesi serta ampuh menyembuhkan luka hingga membunuh berbagai macam bakteri yang berada di dalam gigi berlubang.
Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan minyak cengkeh:
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

3.Biji Asam Jawa

Bagi Anda yang masih tinggal di daerah pedesaan, pasti Anda bisa dengan mudah menemukan asam jawa di lingkungan rumah Anda. Namun kali ini yang Anda butuhkan ialah biji asam jawa. Biasanya biji asam ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan. 
Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan biji asam jawa:
Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

4.Minyak Batok Kelapa

Pernahkah Anda mendengar apa itu minyak batok kelapa? Bahan ini mampu secara ampuh untuk menyembuhkan gigi Anda. Bahan yang harus Anda sediakan seperti Batok kelapa yang telah Anda bagi menjadi 2 bagian, kemudian kapas. Cara pembuatan minyak ialah, ambil sebuah bagian batok, bakar batok hingga kelapa mengeluarkan minyak. Siapkan kapas, ambil minyak batok dengan menggunakan kapas. Setelah Anda menggosok gigi, tempelkan ke gigi yang sedang sakit. Reaksi dari obat yang ditimbulkan nantinya akan sedikit perih, namun rasa sakit akan berangsur hilang. Saat gigi Anda kumat sakit, Anda bisa segera mengambil minyak kemudian mengoleskannya. Untuk perawatan teratur, lakukan sehari 3X.

5.Akar Meniran

Meniran merupakan rumput liar yang daunnya mirip dengan putri malu. Tapi tanpa duri dan bisa tumbuh agak tinggi dengan batang yang lunak. Akar meniran ini biasa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi.
Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan akar meniran:
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

6.Akar Kangkung

Siapa sangka, tanaman kangkung yang jika disantap daunnya suka nyempil di sela-sela gigi ini justru bermanfaat sebagai obat sakit gigi. Namun, bukan daunnya yang akan kita gunakan melainkan akarnya.
Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan akar kangkung:
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

Jika sakit gigi sudah hilang, rawatlah gigi dengan cara rajin menggosok gigi, berkumur sehabis makan dan sehabis bangun tidur, jangan terlalu sering makan coklat, dsb.
Apabila Anda ingin sakit gigi benar-benar sembuh, berkunjunglah ke dokter gigi dan minta pendapat terbaiknya. Biasanya dokter merekomendasikan untuk mencabut gigi atau menambal gigi (jika lubang tidak terlalu besar). Semoga artikel yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.