Senin, 03 Oktober 2016

Inilah 7 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Inilah 7 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

 

  Hai sobat semua pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah artikel mengenai Cara menurunkan berat badan. Setiap orang tentunya ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal baik kaum adam maupun kaum hawa. Sebagian besar orang cukup beruntung karena mereka memang memiliki bakat untuk memiliki tubuh langsing dan orang jenis tersebut memang susah untuk menjadi gemuk. Sebaliknya ada juga orang yang dari sananya sudah memiliki bakat gemuk, orang seperti ini susah untuk kurus. Meski demikian yang paling banyak adalah mereka yang berada di tengah-tengan jenis orang yang disebutkan di atas, mereka ini bisa gemuk dan juga kurus sesuai dengan pola hidup mereka. Jaman sekarang ini kecenderungan seseorang untuk memiliki badan gemuk itu sangat besar. Hal tersebut tentunya tak terlepas dari polahidup tidak sehat yang dijalani serta tuntutan jaman yang serba instan dan cepat.Maka jangan heran jika saat ini makanan cepat saji semakin ngetren dan digemari. Padahal menurut penelitian para ahli makanan cepat saji ini merupakan salah satu faktor penyebab berat badan berlebih. Berikut beberapa cara untuk menurunkan berat badan.

1.Jangan Tinggalkan Sarapan

Kesalahan pemahaman dalam menjalankan program diet ini akan berdampak besar pada keberhasilan program diet anda. Sebagian besar orang awam yang belum mengerti tentang diet dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan mereka cenderung untuk tidak melakukan sarapan.
Padahal itu merupakan kesalahan yang cukup merugikan, dampak dari tidak sarapan adalah melambatnya metabolisme tubuh yang mana akan berdampak pada kesuksesan diet anda. Maka dari itu tetap lakukan sarapan namun dengan makanan yang kaya serat, protein, dan gizi, seperti sayuran, putih telur, serta susu.

2.Minum air yang cukup

Air merupakan faktor penting dalam metabolisme tubuh. Semakin banyak kandungan air dalam tubuh anda, maka akan semakin keras kerja tubuh untuk menggunakan air dan membakar kalori pada tubuh. Air juga akan mengatasi rasa lapar yang sering tiba-tiba muncul. Sehingga air dapat menjadi pengganti cemilan yang suka anda konsumsi ketika lapar sebelum waktu makan normal. Biasakan juga diri anda untuk meminum air sebelum makan. Karena konsumsi air minum sebelum makan dapat mengurangi porsi makan anda karena rasa kenyang yang lebih dulu ditimbulkan oleh air. Sehingga air yang dikonsumsi cukup dan tidak berkekurangan, akan sangat membantu anda dalam menurunkan berat badan secara aktif.

3.Hindari Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

Ternyata makanan serta minuman manis khususnya mengandung kalori yang sangat tinggi. Memang rasanya lega dan puas sekali jika minum minuma manis serta menikmati lezatnya makanan-makanan manis. Akan tetapi makanan dan minuman tersebut tidak baik untuk metabolisme tubuh anda. Kalori dalam tubuh akan terlalu tinggi dan menyebabkan terjadinya obesitas. Gantilah minuman-minuman manis kemasan dengan air putih atau jus buah dan sayuran rendah kalori. Untuk makanan manis, hindarilah kue-kue seperti brownies, donat, dan jenis lainnya.

4.Makan Sering tapi Jumlahnya Sedikit

Semakin sering kita makan, maka kerja metabolisme pun semakin sering. Sehingga pengolahan makanan pun menjadi lebih maksimal. Akan tetapi untuk meningkatkan kerja metabolisme agar tetap aman dan dapat mengurangi berat badan juga, kurangilah porsi makan. Jadi walaupun makan hingga lebih dari 5 kali kalau porsinya sedikit, berat badan malah dapat turun dengan signifikan. Biasakan juga untuk menggunakan piring kecil, karena ternyata faktor kecil ini sangat mempengaruhi kebiasaan makan anda. Piring kecil akan mensugesti anda bahwa makanan yang anda makan sudah banyak dan lebih dari cukup.

5.Hindari Makan Malam lewat dari pukul 19.00

Makan di jam malam lewat dari pukul 19.00 merupakan waktu-waktu di mana anda sudah minim aktivitas. Keadaan ini menyebabkan makanan yang anda konsumsi akan menumpuk dan menjadi lemak bukan energi. Tidak heran mengapa makan malam sangatlah tidak dianjurkan bagi kesehatan. Oleh karena itu, hindarilah makan makanan terlalu malam dan juga mengonsumsi cemilan. Karena semuanya hanya akan menambah berat badan anda saja. Gosoklah gigi untuk membuat anda enggan mengonsumsi makanan di malam hari.

6.Mengatur Konsumsi dengan Jadwal Menu

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur jumlah kalori yang dimakan. Akan tetapi mengatur kalori tidaklah mudah. Sehingga saat diet anda dapat mensiasatinya dengan membuat jadwal menu makan yang mencukupi kebutuhan anda tanpa membuat anda kegemukkan. Berikut ini salah satu contoh jadwal menu yang dapat digunakan untuk makan pagi, siang, sore, hingga malam. Jadwal ini dibuat setelah mempertimbangkan kebutuhan nutrisi harian anda. Silahkan jika ingin dijadikan panutan untuk diet anda.

7.Istirahat yang cukup


Tubuh saat dalam kondisi kurang tidur akan menghasilkan hormon bernama ghrelin. Hormon ini menyebabkan anda akan semakin bernafsu untuk makan. Sehingga jika anda kurang tidur, maka anda akan semakin makan dengan porsi yang sangat banyak. Selain itu, tidur yang tidak cukup akan membuat sistem metabolisme anda terganggu dan lemak akan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan bergadang.
   
 Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Menurunkan Berat Badan.
Tidak ada cara instan untuk menurunkan berat badan, semua membutuhkan proses. Lakukan beberapa langkah diatas secara rutin hingga mencapai target berat badan yang Anda inginkan. Semoga artikel yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga informasi terkait Cara Memutihkan Wajah Secara Alami.

2 komentar

alhamdulilah dapet juga triknya. makasih gan. mohon bimbingannya

ini yang di cari keluarga saya gan :) , terima kasih sangat membantu :D


EmoticonEmoticon